Rabu, 19 Desember 2012

sisi negatif dari penggunaan blackberry

Di zaman era globalisasi yang semakin maju saat ini, banyak hal yang terus berkembang yang disebabkan atas dasar pemikiran manusia yang rumit dan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak pernah cukup. Saat ini perunahan yang paling menonjol adalah terlihat pada semakin berkembangnya teknologi informasi dan teknologi. yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Kehidupan di kalangan msyarakat memang tidak pernah lepas dari pergaulan. 
Masyarakat ingin selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman agar tidak dijuluki si KUPER, atau ketinggalan zaman. Salah satu contoh yang telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat sekarang in adalah Handphone.
Semakin berkembangnya teknologi informasi, telah memunculkan berbagai macam variasi handphone. Salah satunya yang paling populer dikalangan masyarakat adalah BlackBerry Smartphone. Mempunyai telepon genggam yang serba canggih dan pintar memang sungguh menyenangkan, Berbagai fitur ditawarkan untuk mempermudah berkomunikasi, mulai dari menelepon, sms, BBM, 3G, Media Social Network dan lain sebagainya. Namun apa daya dibalik kecanggihan teknologi tersebut ada beberapa dampak buruk bagi penggunannya, hal ini pun dikemukakan oleh pengguna sendiri. Di bawah ini adalah Dampak Buruk Penggunaan Blackberry di kalangan Masyarakat
  • BlackBerry dapat membuang waktu sang pengguna dengan fitur BlackBerry Messenger.  Dengan layanan internet 24 jam, perangkat Blackberry akan bergetar atau berdering setiap saat, ketika ada email dan pesan singkat masuk. Dan setiap saat pula, pengguna akan memainkan Blackberry-nya, termasuk ketika sudah berada di tempat tidur. Tak jarang pula, pengguna begitu sensitif dengan getar Blackberry, sehingga mudah terbangun dari tidur untuk membuka pesan yang masuk. Kebiasaan menyanding Blackberry di tempat tidur inilah yang akhirnya membuat tidur tak berkualitas. Dampak selanjutnya, tentu menyerang kesehatan. Bukan rahasia lagi bahwa rendahnya kualitas tidur berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Sebuah penelitian mengungkap, pengguna Blackberry yang memiliki kebiasaan memainkannya sebelum tidur rentan mengalami insomnia, sakit kepala, dan kesulitan berkonsentrasi
  • BlackBerry dapat menimbulkan sindrom (gila), karena sering tertawa tanpa ada sebab yang jelas.
  • Dapat memecah konsentrasi melakukan aktifitas.  Di balik kemudahan yang diberikan, Blackberry berisiko melemahkan daya konsentrasi penggunanya. Karakternya yang mampu membuat pengguna melakukan sejumlah hal dalam waktu bersamaan cenderung membuat seseorang kesulitan menyerap informasi lantaran fokusnya mudah beralih dari satu hal ke hal lain.
  • Semakin sering kita menggunakan BlackBerry, maka semakin sering kita menghambur-hamburkan uang.
  • Masyarakat bisa lupa waktu karena terlalu sering memainkan BlackBerry.  Penggunaan Blackberry membentuk budaya stres di tempat kerja. Fasilitas internet 24 jam yang dijagokan telepon seluler pintar itu mengacaukan waktu luang pekerja. Tugas dan hal-hal yang menyangkut pekerjaan bisa hadir kapanpun, termasuk kala sedang libur.
  • BlackBerry dapat menyebabkan sang pemakai menjadi ANTI SOSIAL, karena pemakai sudah bisa chatting tanpa harus menemui orang secara langsung.
  • Tidak jarang BlackBerry menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.
Denikian artikel tentang Dampak Buruk Penggunaan Blackberry di kalangan Masyarakat. Meskipun perkembangan BlackBerry di Indonesia ini sangatlah pesat, dan belum lagi dampak buruk dari BlackBerry itu sendiri, saya menyarankan bahwa kita harus tahu bahwa BlackBerry bukanlah gadget yang digunakan untuk Fantasi dan gaya-gaya-an semata, melainkan sebagai sarana untuk mencari ilmu pengetahuan yang belum kita ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar