Senin, 10 Desember 2012

Manfaat dan Tujuan Melakukan Praktikum Biologi Perikanan


1.1.  Latar Belakang

Biologi Perikanan adalah studi mengenai ikan sebagai sumberdaya yang dapat dipanen oleh manusia. Kadang pengertian istilah Biologi ikan ditujukan kepada pengertian fisiologi, reproduksi, pertumbuhan, kebiasaan makanan, tingkah laku, dan sebagainya. Usaha mengembangkan dan memajukan perikanan, pengetahuan mengenai habitat, penyebaran dan aspek biologi dari ikan menjadi dasar utama dalam usaha ini, dimana kematangan gonad sangat berhubungan dengan pemijahan. Tak terkecuali dengan fekunditas yang juga memegang peranan penting dalam penentuan kelangsungan populasi dan dinamika kehidupan. Hubungan panjang berat akan bermanfaat dalam menentukan nilai faktor kondisi dan sifat pertumbuhan ikan (Effendie, 1997).
Atas dasar tersebut praktikum biologi perikanan dilaksanakan dengan komposisi materi meliputi analisa morfometri, analisa pola kebiasaan makanan ikan (food habits), tingkat kematangan gonad, indeks kematangan gonad, nilai fekunditas, analisa hubungan panjang berat, dan faktor kondisi. Ikan yang digunakan adalah ikan tiga waja (Otolithoides microdom) (Effendie, 1997).
Dengan melaksanakan praktikum Biologi Perikanan ini diharapkan kita dapat lebih memahami dan mengerti segala kegiatan yang dilakukan selama praktikum berlangsung dan dapat memahami hasil yang diperoleh dalam praktikum ini sehigga kita dapat lebih mendalami mata kuliah Biologi Perikanan (Effendie, 1997).

1.2.  Manfaat
Manfaat dari praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk dikembangkan lagi dalam perkulihan serta dapat bermanfaat bagi dunia perikanan.

1.3.  Tujuan
Tujuan dari praktikum biologi perikanan adalah :
  1. Mengetahui bentuk  luar tubuh ikan  (Analisa morfometri).
  2. Mengetahui kebiasaan makanan (Food habits).
  3. Mengetahui Tingkat Kematangan Gonad (TKG) ikan.
  4. Mengatahui Indeks Kematangan Gonad (IKG) ikan.
  5. Mengatahui nilai fekunditas ikan.
  6. Untuk melihat dan menganalisa hubungan panjang dan berat ikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar